Siapa saja audiens Anda?
Presentasi dibuat untuk ditampilkan di hadapan audiens. Audiens yang tertentu. Mereka spesifik dan berbeda-beda pada setiap presentasi.
Mengenali siapa audiens Anda – yaitu orang-orang yang akan datang 
untuk melihat dan mendengarkan Anda – akan membantu kita memahami 
bagaimana mereka mencerna informasi, dan apa yang ingin mereka dengar 
dari sebuah presentasi. Keuntungannya? Anda bisa melakukan penyesuaian 
agar presentasi Anda mampu mempengaruhi audiens dengan efektif.
Jika kita melihat 3 komponen yang saling terkait dalam sebuah presentasi, salah satu kunci penting presentasi adalah audiens. Anda tampil memberikan presentasi dan menciptakan sebuah proses komunikasi, adalah untuk mereka.
Mengenal Audiens Sangat Penting
Tak kenal maka tak sayang, kata orang. Bagaimana memahami dan 
memberikan apa yang audiens inginkan jika Anda tak mengenal siapa 
mereka? Ketika Anda tidak tahu sudut pandang apa yang mereka gunakan 
ketika mendengarkan Anda, proses komunikasi tidak akan terjalin.
Anda kesulitan untuk menyambungkan diri dengan mereka, dan mereka kesulitan untuk memahami Anda.
Ini berujung pada frustrasi: Anda frustrasi karena tidak bisa membuat
 mereka mengerti, dan mereka pun frustrasi karena kesulitan memahami 
Anda.
Sebaliknya jika Anda mengenal audiens dengan baik. Presentasi yang 
Anda bawakan menjadi mudah, karena Anda tahu betul apa yang mereka 
inginkan. Anda dapat menentukan mana informasi yang harus disampaikan 
dan mana yang tidak perlu. Meyakinkan audiens pun menjadi jauh lebih 
mudah, karena Anda mengerti faktor apa yang mempengaruhi mereka dalam 
mengambil tindakan.
Mengenal audiens bukan sebatas mengetahui bahwa mereka adalah atasan 
Anda, rekan kerja, mahasiswa, atau masyarakat umum. Mengenal audiens 
mencakup mengenal nama, posisi mereka dalam organisasi, keputusan apa 
yang biasa mereka ambil, dan apa yang mereka butuhkan dari presentasi 
Anda. Tak kalah penting, mengapa mereka datang untuk menyaksikan 
presentasi Anda.
Kenali audiens. Inilah yang membedakan seorang presenter hebat dari sekumpulan para pelaku presentasi yang biasa saja.
Seorang presenter hebat akan terlebih dahulu berusaha mengenali 
kepada siapa mereka berbicara, kemudian menyesuaikan isi pembicaraan 
agar relevan dan efektif.
Para presenter biasa tidak merasa penting untuk mencari tahu siapa 
audiensnya. Mereka hanya akan memberikan presentasi yang sama kepada 
berbagai audiens yang berbeda.
Setiap komunikasi bersifat unik. Komunikasi sangat tergantung kepada 
siapa Anda menyampaikannya dan dalam situasi bagaimana komunikasi itu 
disampaikan. Presentasi, adalah sebuah komunikasi.
Siapa Audiens Presentasi Anda?
Sebelum mulai mempersiapkan presentasi,
 cari tahu siapa saja yang akan hadir dalam presentasi Anda. Semakin 
lengkap informasi yang Anda punya, Anda akan semakin siap berlaga di 
medan pertempuran presentasi.
Dalam The Art of War, Sun Tzu mengatakan, 
“Siapa yang mengenal pihak lawan dan mengenal dirinya sendiri, tidak 
akan terkalahkan dalam seratus pertempuran. Siapa yang tidak mengenal 
pihak lawan namun mengenal dirinya sendiri, punya peluang seimbang untuk
 menang atau kalah. Siapa yang tidak mengenal pihak lawan dan tidak 
mengenal dirinya sendiri, akan kalah dalam setiap pertempuran.”
Singkatnya, Sun Tzu mengatakan: “Yang mengenali dirinya, mengenali 
lawannya dan mengenali medan tempurnya, akan memenangkan setiap 
pertempuran.”
Sebuah presentasi adalah medan tempur komunikasi. Anda ingin pesan yang Anda sampaikan diterima sebaik mungkin oleh audiens.
Karena itu, kenali kekuatan diri Anda sebagai presenter, kenali lawan Anda (audiens serta apa yang mereka harapkan), dan kenali medan pertempuran
 (media komunikasi, tempat presentasi, dan pendekatan khusus yang 
mungkin Anda perlukan). Maka Anda akan memenangkan setiap presentasi.





0 comments
Post a Comment